POLA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Pola pertumbuhan dan perkembangan merupakan peristiwa yang terjadi selama proses pertumbuhna dan perkembanan pada anak

1. Pola perkembangan fisik yang terarah

Terdiri dari dua prinsip yaitu cephalcaudal dan proximal distal (Wong, 1995)

  • Cephalcaudal

Merupakan pola pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari kepala yang ditandai dengan perubahan ukuran kepaa yang lebih besar, kemudian berkembang kemampuan untuk menggerakan lebih cepat dengan menggelengkan kepala dan dilanjutkan ke bagian ekstremitas bawah lengan tangan dan kaki.

  • Proximal distal

Merupakan pola pertumbuhan dan perkembanan ynag dimulai dengan mengerakan anggota gerak yang paling dekat dengan pusat/sumbu tengah, seperti menggerakan bahu dahulu baru kemudian jari-jari.

2. Pola perkembangan dari umum ke khusus

Yaitu pola pola pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dengan menggerakan daerah yang lebih umum (sederhana) dahulu baru kemudian daera ang lebih kompleks. Misalnya malembaikan tangan kemudianmemainkan jari.

3. Pola perkembangan dipengaruhi oleh kematangan dan latian belajar

Polaini mencerminkan cirri khusus dalam setiap tahapan perkembangan yang dapat digunakan untuk mendeteksi dini perkembangan selanjutnya. Pada masa ini dibagi menjadi lima tahap yaitu

  1. Masa Pra lahir, terjadi pertumbuhan yang sangat cepat pada alat dan jarinan tubuh:
  2. Masa Neonatus, terjadi proses penyesuaian dengan kehidupan di luar rahim dan hampir sedikit aspek pertumbuhan fisik dalam perubahan.
  3. Masa bayi, terjadi perkembangan sesuai dengan lingkungan yang memepengaruhinya dan mempunyai banyak kemampuan untuk melindungi dan meghindari dari hal yang mngancam dirirnya
  4. Masa anak, terjadi perkembangan yang cepat dalam aspek sifat, sikap, minat dan cara penyesuaian dengan lingkungan.
  5. Masa remaja, terjadi perubahan kearah dewasa sehingga kematangan pada tanda-tanda pubertas.

4. Pola perkembangan dipengaruhi oleh kematangan dan latihan/belajar

Terdapat saat ang siap untuk menerima sesuatu dari luar untuk mencpaai proses kematangan dan kematangan yang dicapainyadapat disempurnakan melalui rangsangan yang tepat. Masa ini merupakan amasa kritis yang ahrus dirangsang agar mencapai perkembangan selanjutnya melalui prose belajar Guarsa dalam Hidayat, 2005).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s